Carilah tempat terbaik, orang2 terbaik, dan bicarakan hal2 yg baik, insyallah qt akan jadi yang terbaik

Download Modul

Senin, 19 Desember 2011

Mengoprasikan PC (Personal Computer) Stand Alone Dengan Sistem Berbasis Teks


Persiapan Sebelum Menyalakan Komputer

            Sebelum menyalakan computer, marilah kita data terlebih dahulu perangkat computer yang kita miliki pada umumnya.Biasanya computer PC (Personal Computer) atau yang biasa disebut computer rumahan memiliki perangkat-perangkat antara lain:monitor, CPU/cassing, keyboard, mouse, printer (jika ada), dan aksesoris penunjang multimedia, seperti:speaker aktif, stick games, dan modem.

1.      Monitor
Monitor adalah perangkat keras dalam system computer yang digunakan untuk menampilkan citra video.

2.      CPU (Central Processing Unit)
CPU berperan sebagai pusat pengolahan masukan, sehingga menghasilkan keluaran.
Termasuk CPU antara lain:semua register, sirkuit aritmatika, dan unit pembanding.
Di dalam CPU dapat kita temukan berbagai hardware (perangkat keras), sebagai berikut.

a.      Motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit/papan induk yang paling besar didalam rangkaian CPU computer.Digunakan untuk meletakan komponen-komponen computer.Selain itu dilengkapi dengan sejumlah slot tambahan sebagai tempat sejumlah card/adapter untuk meningkatkan kemampuan computer.

b.      Processor
Processor merupakan bagain dari CPU yang berfungsi melakukan pembacaan, pengertian, dan pelaksana perintah dari program, bisa juga disebut otak dari sebuah computer.

c.       Memori
Memori adalah tempat dimana kita dapat menemukan sejumlah instruksi dan data-data yang hendak dikerjakan, selain juga tempat menyimpan hasil keluaran.Memori diatur sebagai serangkaian lokasi atau sel-sel, masing-masing dapat menyimpan satu word.Memori computer terdiri dari dua macam, yaitu memori internal (ROM dan RAM) dan memori eksternal (disket, compact disk, dan hard disk).

1)      Read Only Memory (ROM)
ROM yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat diubah, dihapus, dan sudah diisi oleh pabrik pembuat computer.Perintah yang ada di ROM adalah perintah untuk membaca system operasi dari disk, perintah untuk mengecek semua peralatan yang ada di unit sestem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar.Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik.Tapi saat ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya antara lain: PROM (Programable ROM), R-PROM (Re-Programable ROM), E-PROM (Erasable Program ROM), dan EEPROM (Elecktrikally Erasable Program ROM).

2)      Random Access Memory (RAM)
RAM adalah memori yang dapat diakses secara random.RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika computer dimatikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang.Tujuan RAM adalah mempercepat proses data pada computer.

d.      VGA Card (Video Grafic Adapter)
VGA Card adalah card penghubung antara monitor ke motherboard agar segala proses perintah yang diberikan pemakai dapat ditampilkan ke dalam monitor.

e.       Sound Card
Sound Card adalah card untuk menambah kemampuan computer untuk mengeluarkan suara/musik.

f.       Hard Disk Drive
Hard Disk Drive (disingkat HDD) adalah media penyimpanan data, terbuat dari bahan kaku yang berbentuk piringan berlapis magnetic oksida dengan kapasitas penyimpanan yang sangat besar.

g.      Floppy Disk Drive
Floppy Disk Drive (disingkat FDD) merupakan alat tambahan yang digunakan untuk meletakkan piringan magnetic, memutar piringan dan menggerakkan head baca tulis pada posisi yang diinginkan ketika mengakses informasi dari dalam disket.

h.      CD ROM Drive
CD ROM Drive adalah alat dalam sebuah computer yang dipakai untuk memutar/membaca CD ROM.

i.        CD-RW Drive
CD-RW Drive alat pembaca CD yang digunakan tidak hanya untuk membaca/memutar CD, tetapi juga dapat mengisi data ke CD-RW.RW merupakan kependekan dari Reader and Writer.

j.        DVD-ROM Drive
DVD-ROM Drive merupakan perangkat computer yang berfungsi sebagai pembaca data pada DVD.Perangkat ini memiliki bentuk fisik sama persis seperti CD-ROM Drive, akan tetapi memiliki fungsi yang berbeda.

3.      Keyboard
Keyboard menurut saya adalah papan berisi tombol-tombol yang terdiri dari tombol-tombol fungsi (F1…F12), tombol-tombol bertanda huruf, angka, tanda baca seperti yang terdapat dalam mesin tik, tombol panah dan tombol-tombol lain.Menurut saya ada beberapa bagian dalam keyboard, yaitu:
Tombol Ketik merupakan bagian dari keyboard yang berisi huruf, angka, dan tanda baca.Secara umum ada dua jenis ussunan huruf pada keyboard, yaitu jenis QWERTY dan DVORAK.Namun kebanyakan orang, sampai saat ini lebih banyak menggunakan QWERTY dan DVORAK dapat dilihat pada tombol-tombol huruf yang diurutkan dari kiri ke kanan akan tampak huruf QWERTY atau DVORAK.

Tombol Edit digunakan untuk memantau dokumen dari atas ke bawah (page down) atau dari bawah ke atas (page up) atau ke awal dokumen dengan menekan tombol Home dan ke akhir dokumen dengan menekan tombol End.

Tombol Kontrol Kursor digunakan untuk memindahkan kursor lebih cepat dari mouse.Tombol-tombol ini tidak dapat memindahkan kursor dengan jarak yang jauh.Disini, tombol Home, tombol Page Up, tombol End, dan tombol Page Down dapat digunakan dengan efisiensi dan efektif.

Tombol Numerik merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka yang berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan.Struktur angkanya disusun menyerupai alat hitung atau kalkulator.Tombol ini diduplikasikan dari tombol QWERTY yang terletak di sebelah kanan keyboard.

Tombol Fungsi berisi symbol F1 sampai F12.Tombol ini merupakan tombol operasi computer.Sebagai contoh: tombol F1 digunakan untuk menampilkan menu Help yang akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang sedang digunakan atau dijalankan.

4.      Mouse
Mouse merupakan perangkat keras untuk berinteraksi dengan layar monitor.Berbentuk segenggaman tangan dengan dua/tiga tombol di sisi atas bola kecil disisi bawah serta seutas kebel yang menghubungkannya ke CPU.


0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))

Posting Komentar

Loading...